Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat melalui Akreditasi Puskesmas

Puskesmas memiliki peran penting dalam menyediakan layanan kesehatan primer kepada masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu dan keamanan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas adalah melalui proses akreditasi. Akreditasi Puskesmas merupakan sebuah langkah proaktif untuk memastikan bahwa layanan kesehatan yang diselenggarakan mencapai standar tertentu.

Bekerjasama dengan lembaga akreditasi independen Lipa Mitra Nusa, Puskesmas Mataram sukses melaksanakan survei re-akreditasi pada tanggal 18, 20 dan 21 Desember 2023 lalu. Survei yang dilakukan secara daring dan luring ini menilai beberapa aspek penting dalam alur manajemen dan pelayanan Puskesmas meliputi peningkatan kualitas pelayanan, pemberdayaan masyarakat, keamanan pasien sebagai prioritas utama, peningkatan administrasi dan manajemen, partisipasi masyarakat dan lintas sektor terkait serta pemantauan dan evaluasi berkelanjutan.

Berkat dukungan Dinas Kesehatan Kota Mataram selaku OPD, jajaran kemitraan dan lintas sektor se-wilayah kerja Puskesmas Mataram serta kerja keras dan kerja sama seluruh staff Puskesmas Mataram survei re-akreditasi dapat berjalan dengan lancar.

Berdasarkan Sertifikat Akreditasi Nomor : YM.02.01/D/2030/2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 8 Januari 2024 Puskesmas Mataram memperoleh akreditasi PARIPURNA.

Semoga dengan ini Puskesmas dapat terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Masyarakat.

(RU, 2024)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *